Lihat, Pikirkan dan Tulislah

Membaca & Menulis itu Penting, Buktikan itu diblog ini !!!

“Menggarap” Cerita Dalam Sebuah Artikel

Posted by infotamaro pada Juli 16, 2008

Koq aneh ya, sebuah artikel di garap. Itu istilah saya lho.
Anda mungkin mempunyai istilah lain untuk hal ini. Baiklah, saya akan mulai pandangan saya atas judul ““Menggarap” Cerita Dalam Sebuah Artikel”, yang tentunya saya buat sendiri🙂.

Mengapa –cerita– bukannya isi artikel yang saya tekankan dalam tulisan ini?
Tentu, karena saya ingin menjelaskan kepada anda tentang cerita yang menghanyutkan dalam pembuatan suatu artikel yang nantinya akan menjelaskan isi artikel itu sendiri.

Anda tentu sering membaca artikel yang membawa anda kepada pikiran yang melayang dan membayangkan bahwa cerita itu benar-benar terjadi walaupun hanya sebatas khayalan penulis.

Pernah kah?

Saya sangat yakin, kita semua pernah mengalaminya. Itulah kepandaian seorang penulis untuk memanipulasi pikiran kita agar kita mengikuti kehendak si penulis. Hal ini bisa kita katakan suatu hipnotis.

Ya… hipnotis dalam tulisan. Seperti dalam buku Joe Vitale yang berjudul “Hypnotic Writing“. Apakah anda sudah penah membacanya?

Saya sudah menyelesaikan membaca buku tersebut kemarin, dan saya akan ulangi lagi membacanya.

Anda mulai mengerti maksud saya.. teruslah membaca.

Oke, kemudian bagaimana penulis bisa menyampaikan ide dalam pikirannya secara tepat kepada kita. Hal itu dia jabarkan melalui cerita. Kembali ke judul kita.

Cerita adalah cara termudah untuk mengingatkan kita. Anda tidak percaya?
Masih ingatkah anda ketika anda kecil kemudian papa atau mama atau nenek atau kakek anda bercerita ketika anda ingin tidur ? tentu, tapi ceritanya lupa (he..he..he..).

Nah, dalam cerita itu mungkin anda waktu itu bisa sangat percaya dengan apa yang di ucapkan oleh orang tua anda, walaupun kadang orang tua anda mengarang ceritanya (biar serem dan cepat tidur)

Tetapi anda mengingatnya dengan baik apa yang di ceritakan. Kadang terpikir oleh anda bahwa itu suatu kenyataan. Begitu juga kita saat ini.

Didunia ini banyak sekali artikel yang sudah di tulis. Terutama di dunia maya yaitu internet. Wah.. ga bisa dihitung deh, tetapi banyak artikel tersebut hanya di baca oleh orang tidak begitu lama.

Tentu, karena bagi pembaca artikel tersebut tidak berguna.

Nah, sebenarnya dalam penulisan sebuah artikel, penulislah yang berbicara langsung kepada anda tentang yang ingin disampaikan. Bukan nanti tetapi pada saat anda membaca artikel dia ada dipikiran anda ketika anda membacanya dalam hati, —dia ada disana-.

Terdengar sulit bukan ?

Begini, seperti yang saya sebutkan diatas, cara terbaik untuk menyampaikan maksud kita dalam tulisan adalah bercerita. Jadi jika sipenulis mengerti merangkai kata yang baik dengan bercerita untuk menghubungkan maksud artikelnya kepada pembacanya, maka dapat disimpulkan bahwa penulis itu –berhasil–

Anda mulai mengerti sekarang, bukan ?

Saya berusaha membuat dialog didalam semua tulisan saya kepada anda, agar anda tahu bahwa saya sedang berbicara kepada anda. Apakah anda merasakannya ? Jawablah di kolom komentar.

Baiklah, anda sudah mulai mengerti maksud saya.
Berceritalah anda dengan menggunakan kata-kata yang dapat membangun kepercayaan pembaca anda, dan berdialoglah dalam setiap tulisan anda sehingga pembaca anda merasa anda sedang berbicara kepadanya.

Anda ingin menerapkannya didalam tulisan anda?

Saya tunggu artikel anda. Semoga bermanfaat🙂

By : Mr. Tamaro

2 Tanggapan to ““Menggarap” Cerita Dalam Sebuah Artikel”

  1. cantigi said

    cukup mencerahkan..😉
    txs bro..

    Hanya ingin menuliskan saja…:)

  2. investasi said

    ide yang kreatif

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: