Lihat, Pikirkan dan Tulislah

Membaca & Menulis itu Penting, Buktikan itu diblog ini !!!

Membaca Dengan Bahagia

Posted by infotamaro pada Agustus 15, 2008

Anda dan saya tentu seringkali mendadak suka membaca, baik buku, majalah, artikel, koran atau apaun yang bisa di baca tentunya dengan suatu paksaan yang tidak bisa di tolak.

Anda percaya ?, — ya — Kalau saya, saya sangat percaya.

Oke mari kita lihat contoh yang sederhana.

Seringkali kita jika Anda masih dalam situasi menjadi siswa atau mahasiswa atau karywan atau dosen atau apapun yang Anda sedang kerjakan sekarang, seringkali Anda di tuntut untuk membaca sesuatu yang sepertinya tidak ada kaitan dengan apa yang Anda inginkan.

Seperti saya, saat ini saya bekerja menjadi trainer software Akuntansi, saya “dipaksa” untuk mengerti hal yang memang secara tidak langsung berhubungan dengan pekerjaan saya, seperti saya harus membaca buku atau artikel yang berhubungan dengan Marketing, dan memang saya pikir tidak ada hubungan langsung dengan pekerjaan saya yang bersifat teknis.

Apa saya menolak untuk membaca (walaupun tidak disuruh atasan tetapi merasa perlu tahu saja), tentu tidak, saya membaca semuanya dengan perasaan tertekan awalnya.
Disaat saya mengetahui jika apa yang saya baca nantinya berguna, entah kapan saya gunakan ilmu yang saya pelajari tersebut, tetapi yang pasti saya membacanya.

Bagaimana dengan Anda, apa pernah melakukan hal yang serupa. Saya sangat yakin kita semua pernah mengalaminya.

Lalu bagaimana caranya jika dalam membaca kita selalu bahagia ?

Jika saya katakan bahagia itu pilihan, tentu Anda ada yang setuju dan ada yang tidak. Tetapi terlepas dari hal itu memang seharusnya kita membaca itu dalam kondisi hati yang bahagia.

Bisa dibayangkan jika Anda membaca buku sampai halaman terakhir Anda tidak bahagia, buat apa anda menghabiskan buku tersebut tanpa mengerti isinya ?

Tentu hal ini adalah pemborosan waktu, tenaga dan pikiran.

Menurut saya, hal yang paling penting mengubah rasa tertekan atau terpaksa dalam membaca, ialah menyadari apa pentingnya yang akan kita baca.

Jika memang itu keharusan, tentu itu penting untuk Anda, walaupun Anda tidak menyukainya.

Jika membaca buku itu Anda tidak tahu apa penting atau tidak, Anda coba merilekskan diri dan pikiran Anda untuk mulai membuka bacaan tersebut dengan tersenyum dan lihat hasilnya pasti Anda akan lebih bersemangat untuk terus dan terus untuk menyelesaikan bacaan Anda.

Hal ini sudah saya terapkan dikala saya ingin membaca buku. Anda juga bisa melakukan.

Kemudian, saya tertekan dan terpaksa itu akan di gantikan rasa penasaran dan keingintahuan yang sangat luar biasa.

Pertanyaan sering muncul, Kalau buku yang dibaca itu tidak bagus isinya bagaimana?

Jawabannya sangat singkat, apa Anda yakin, jika Anda belum membacanya ? (he..he..he…)

Benar bukan, Anda belum membaca tetapi yakin sekali buku tersebut tidak bagus.
Cobalah menggunakan teknik membaca yang tepat, seperti baca ringkasannya terlebih dahulu, cari referensi yang bisa mengatakan buku itu bagus, atau Anda bisa membaca bukunya sekilas di toko buku dan tidak harus bayar, tetapi jika Anda suka, Belilah.

Begitu juga untuk membaca media yang lain.

Intinya, bahagiakan dahulu hati Anda serta pikiran baru membaca.

Coba praktekkan, Anda pasti merasakannya.🙂

By. Yust tamaro

2 Tanggapan to “Membaca Dengan Bahagia”

  1. kidungjingga said

    Sebelumnya apa kabar mas tamaro? lama g maen kesini ya?

    duhhh… saya memang lagi tertekan dengan bacaan2 yang tidak ingin saya baca :D…
    bahagiakan diri dulu ya…? ok..ok…
    makasih mas..

  2. investasi said

    tentu kalau temanya menarik ..

Tinggalkan Balasan

 
