Lihat, Pikirkan dan Tulislah

Membaca & Menulis itu Penting, Buktikan itu diblog ini !!!

Bagaimana Mengeluarkan “Isi Kepala” Kita kedalam Tulisan ?

Posted by infotamaro pada Juli 9, 2008

Baiklah kita mulai membedah judul ini.
Sejauh ini anda menulis hanya disaat anda membutuhkan, bukan begitu ?.
Tetapi sebaiknya jika anda memang mempunyai cita-cita mempunyai kumpulan tulisan atau menjadi seorang Penulis, sudah selayaknya anda mulai memulai. Namun terkadang anda –takut- untuk menuangkan “isi kepala” anda, karena berbagai alasan yang sebenarnya anda buat sendiri.

Banyak alasan yang membuat anda dan saya malas atau tidak mau untuk memulai untuk menulis, beberapa saya simpulkan didaftar berikut :

  • Saya takut tulisan saya tidak –disukai- oleh orang yang membacanya
  • Saya tidak percaya diri untuk menulis
  • Saya tidak pandai membuat kata – kata “indah”
  • Saya tidak mempunyai ide yang tepat untuk menjadi topik tulisan
  • Saya tidak punya “cukup waktu” untuk menulis
  • Saya tidak punya waktu untuk “memikirkan” tulisan
  • Saya lebih suka membaca daripada menulis
  • Saya tidak mempunyai talenta menjadi seorang penulis
  • Saya selalu takut untuk memulai menulis
  • Saya tidak punya cukup bahan untuk mendukung tulisan saya
  • Saya bukan seorang penulis
  • dll

Wah, banyak juga ya, walau sebenarnya sudah saya simpulkan. Oke mari kita perhatikan, alasan apasaja yang sudah anda pilih ? Lanjutkan membaca untuk memperoleh jawaban yang tepat.
Dengan memilih beberapa alasan diatas, Itu berarti menjawab pertanyaan anda apa yang menghalangi anda untuk menulis.

Jika diperhatikan, daftar diatas bukan semua alasan dimana orang tidak ingin menulis, tetapi hanya sekelumit saja, tetapi saya pikir banyak orang yang memilih sebagaian besar daftar diatas.

Tidak terkecuali saya. (dulu)

Nah, jika anda sudah tahu sebenarnya apa kendala-kendala dalam memulai suatu tulisan, baiklah kita mulai saja bagaimana cara mengeluarkan “isi kepala” anda kedalam tulisan.

Perhatikan ini–

  1. Kenali Siapa diri Anda.
    Apa itu terlalu sulit ? Memang sebagian orang menjawab “ya”, jika demikian mulailah mencari informasi bagaimana cara untuk mengenal diri anda sendiri.
  2. Buatlah daftar Hobi anda.
    Tentu hal ini sedikit lebih mudah khan ? maka —TULISLAH– (lihat, anda sudah mulai menulis bukan ? )
  3. Pilihlah dari daftar hobi anda, yang sekiranya dapat anda bagikan dan tentunya bermanfaat bagi orang lain (bukan untuk anda sendiri, karena menulis nanti hasilnya pasti akan di baca oleh orang lain)
  4. Oke anda sudah memlilih sekarang, apa selanjutnya ?
    –MULAILAH MENULIS–
    Kenapa demikian, anda akan mengetahui nanti, tetapi saran saya adalah mulailah untuk menulis terlebih dahulu
  5. Latihlah keselarasan antara pikiran, tangan dan hati anda untuk mulai menulis secara jujur apa yang sedang anda pikirkan
  6. Setelah satu topik selesai, lihat tulisan anda dan kagumi.
    Anda Bahagia–sampai disini ?
    Lanjutkan membaca

Baiklah, kita akhiri artikel ini.
Metode yang sudah saya tuliskan diatas, adalah metode yang sudah saya praktekkan, meski saya tidak ada latarbelakang pendidikan dalam hal ilmu menulis, tetapi banyak sumber yang memberikan inspirasi untuk saya dalam menulis.

— Anda Berjanji Untuk Mulai Menulis —
Baca selalu artikel yang ada di blog ini, semoga bermanfaat.

NB : Gambar diambil dari petreli

Tinggalkan Balasan

 
